Araneh’s Blog

Maret 24, 2009

Avatar: The Lgend of Aang

Filed under: Heuheureuyan.. — sAbila_ @ 3:11 pm

Avatar The Last Airbender adalah salah satu film kartun yang ditayangkan di Amerika. Yang menayangkannya adalah stasiun TV Nickelodeon. Pertama kali ditayangkan pada tanggal 21 Februari 2005. Karena cukup sukses, Nickelodeon kemudian memesan seri keduanya yang ditayangkan mulai tanggal 17 Maret 2006. Kemudian seri ketiga dan terakhir juga ditayangkan di Nickelodeon pada tanggal 21 September 2007. Film ini diproduseri oleh Michael Dante DiMartino dan Bryan Konietzko dan mendapatkan tanggapan yang sangat baik. Avatar The Last Airbender mengadaptasi budaya tiongkok kuno dan kemampuan bertarungnya mengadaptasi ilmu bela diri yang ada saat ini, diantaranya Taichi, Kungfu Shaolin, dll.

250px-avatar-tlalogo

Prelude

Peta 4 negara bagian

Peta 4 negara bagian

Pada zaman dahulu terdapat 4 negri yang masing-masing memiliki elemen yang unik. Keempat negeri tersebut memiliki kemampuan untuk mengendalikan elemen (air, bumi, api, dan angin) yang disebut Bending. Keempat Negeri tersebut adalah Water Tribe dengan kemampuan Water Bending, Earth Kingdom dengan kemampuan Earth Bending, Fire Nation dengan kemampuan Fire Bending, dan Air Nomad dengan kemampuan Air Bending.  Keempat negara tersebut hidup berdampingan dengan damai. Pada setiap generasi, selalu ada seseorang yang dapat menguasai keempat elemen tersebut. Orang itu disebut Avatar dan bertugas menjaga keseimbangan diantara keempat elemen tersebut. Urutan tempat kelahirannya adalah di AIr Nomad, Water Tribe, Earth Kingdom, dan Fire Nation, kemudian kembali ke Air Nomad.

Avatar Aang

Avatar Aang

Aang adalah seorang anak yang ceria dan merupakan kelahiran Air Nomad. Ia diberitahu oleh para biksu bahwa ia adalah seorang Avatar pada usia 12 tahun. Seharusnya, seseorang baru diberitahu bahwa dia seorang Avatar adalah pada saat mencapai usia 16 tahun. Akan tetapi para biksu mulai khawatir bahwa keseimbangan antar elemen mulai goyah dan akan timbul peperangan sehingga Aang diberitahu lebih cepat. Pemberitahuan tersebut merupakan beban besar untuk Aang. Ia akhirnya melarikan diri dari Biara Air Nomad dengan menaiki bison terbangnya yang bernama Appa. Akan tetapi mereka diserang oleh badai dan akhirnya mereka tenggelam. Secara tidak sengaja, Aang mengaktifkan Avatar State dan melakukan Water Bending sehingga membekukan dia dan Appa. 100 tahun telah berlalu, Fire Nation telah menyerang dan menghancurkan Air Nomad tanpa sisa. Negeri lain juga sedang dihancurkan.

Book 1 (Water) – 20 episode

Katara dan Sokka

Katara dan Sokka

Book 1 menceritakan tentang pertemuan pertama antara Aang dengan kakak beradik Katara dan Sokka. Katara dan Sokka berasal dari Water Tribe di kutub selatan dan Katara mampu melakukan Water Bending. Setelah itu, tak lama kemudian muncul Zuko, seorang pangeran dari Fire Nation yang diusir dari kerajaannya dan boleh pulang setelah menangkap Avatar, datang dan menculik Aang. Katara dan Sokka berhasil menyelamatkannya, lalu mereka bertiga menaiki Appa dan berkunjung ke Biara Air Nomad, hanya untuk mengetahui bahwa Fire Nation telah menghancurkan Air Nomda tanpa sisa. Setelah itu Katara dan Sokka berencana membawa Aang ke kutub utara untuk mencarikan Aang seorang guru yang dapat mengajarkannya Water Bending. Maka dimulailah petualangan menuju Kutub Utara, dengan Zuko dan pamannya, Iroh mengikuti mereka.

Suki

Suki

Dalam perjalanan mereka ke kutub utara, mereka juga mengunjungi beberapa tempat. Mereka mengunjungi Pulau Kiyoshi, yaitu pulau yang dibuat oleh Avatar Kiyoshi yang kelahirannya berasal dari Earth Kingdom. Di sana, Aang, Katara dan Sokka berkenalan dengan Suki, salah seorang petarung Kiyoshi. Setelah itu mereka mengunjungi Omashu, yaitu istana terbesar kedua dari Earth Kingdom dan bertemu dengan raja Bumi yang tidak lain adalah teman Aang semasa kecil. Tak lama kemudian Aang mengetahui dari Avatar Roku bahwa komet Sozin akan muncul sebelum musim panas dan akan meningkatkan kemampuan Fire Bender berpuluh-puluh kali lipat. Aang harus menalahkan Fire Nation sebelum komet itu tiba. Setelah melalui perjalanan panjang, mereka akhirnya sampai di kutub utara. Aang mendapatkan seorang guru bernama Pakku. Aang dan Katara belajar dari Pakku. Sedangkan Sokka bertemu dengan cinta pertamanya yaitu Yue, putri salah satu komandan di Water Tribe kutub utara. Pada episode terakhir, Aang berhasil menyelamatkan kutub utara dari serangan Fire Nation.

Aang bergabung dengan Ocean Spirit

Aang bergabung dengan Ocean Spirit

Book 2 (Earth) – 20 episode

Raja Bumi ditawan

Raja Bumi ditawan

Book 2 menceritakan tentang Aang dan kawan-kawan yang ingin berkunjung ke Omashu untuk meminta Raja Bumi mengajarkannya Earth Bending. Akan tetapi setelah sampai di Omashu, ternyata kerajaan itu sudah dikuasai oleh Fire Nation. Raja Bumi menyerah tanpa syarat karena menunggu saat yang tepat untuk balas menyerang. Semua rakyat Omashu diselamatkan Aang keluar dari Omashu sedangkan raja Bumi ditawan. Aang harus mencari orang lain untuk mengajarinya Earth Bending.

Toph

Toph

Ia akhirnya menemukan guru yang dianggap cocok untuk mengajarkan Earth Bending. Dia adalah seorang gadis buta berusia 11 tahun bernama Toph Bei Fong. Orang tua Toph merasa Toph adalah gadis buta yang lemah, sehingga orang tua mereka menjadi sangat protektif dan Ia dikurung di dalam rumahnya yang mewah. Tetapi terkadang dia melarikan diri ke arena pertandingan dan bertarung di sana sebagai petarung bayaran dengan nama samaran “Blind Bandit”. Toph kabur dari rumahnya dan bergabung dengan Aang, Katara, dan Sokka lalu mengajarkan Aang Earth Bending.

Ba Sing Se

Ba Sing Se

Dalam petualangan mereka, Sokka akhirnya mengetahui bahwa Fire Nation memiliki kelemahan pada saat gerhana matahari. Pada saat itu, matahari tertutup sehingga sumber kekuatan Fire Bending hilang sama sekali. Saat itu adalah saat yang tepat untuk menyerang Fire Nation. Karena itu mereka menuju ke benteng pertahanan terakhir dari Earth Kingdom, yaitu Ba Sing Se untuk meminta bantuan dari raja Ba Sing Se. Setelah sampai di sana, mereka akhirnya mengetahui bahwa Ba Sing Se sedang dikendalikan oleh penasihat kerajaan yang bernama Long Feng dan Raja Kuei hanya dijadikan boneka saja. Berkat Aang dan teman-temannya, Long Feng berhasil dipenjarakan dan mereka akhirnya mendapatkan dukungan penuh raja Kuei untuk menyerang Fire Nation.

Zuko dan Iroh membuka kedai teh

Zuko dan Iroh membuka kedai teh

Sementara itu, Zuko dan pamannya, Iroh dianggap berkhianat oleh raja Ozai, raja dari Fire Nation, karena ikut menggagalkan serangan di kutub utara. Raja Ozai kemudian mengutus putrinya yang kejam, Azula untuk menangkap Zuko dan pamannya. Mereka akhirnya berhasil melarikan diri berkat bantuan dari Order Of White Lotus dan terus melarikan diri hingga ke Ba Sing Se. Setelah sampai di Ba Sing Se, Iroh terus berusaha membujuk Zuko untuk memulai hidup baru. Semakin lama, Zuko semakin menyadari bahwa memulai hidup baru bukanlah sesuatu yang salah. Mereka bekerja di kedai teh dan pada akhirnya membuka kedai teh sendiri.

Azula

Azula

Setelah mendapatkan dukungan penuh dari raja, Aang mendapat kabar bahwa ada seorang guru yang dapat mengajarkan Aang mencapai Avatar State dengan sempurna. Aang segera mengunjunginya dan belajar darinya. AKan tetapi, tak lama, Ba Sing Se mendapat situasi gawat. Azula dan dua kawan lamanya, Mai dan Ty Lee menyamar sebagai petarung Kiyoshi yang mereka kalahkan sebelumnya dan memasuki Ba Sing Se. Azula menggunakan prajurit setia Long Feng yang bernama Dai Li untuk menangkap jenderal-jenderal Ba Sing Se dan akhirnya menyandera raja Kuei. Azula juga segera mengetahui bahwa Zuko dan pamannya berada di Ba Sing Se yang kemudian menjebak mereka. Iroh berhasil lolos tapi Zuko tertangkap. Katara yang tinggal di istana pun juga tertangkap. Kemudian Iroh meminta bantuan Aang dan teman-temannya untuk membebaskan Zuko, Katara, dan raja Kuei. Pada akhirnya Zuko berhasil dibebaskan, tapi karena tergiur dengan kehormatan ayahnya, akhirnya beralih ke Azula dan menyerang Aang dan teman-temannya. Aang pun terluka berat karena diserang petir oleh Azula. Iroh datang dan membantu Aang untuk melarikan diri, sementara dia sendiri akhirnya ditangkap. Benteng terakhir Earth Kingdom akhirnya jatuh.

Book 3 (Fire) – 21 Episode

Bekas luka Aang

Bekas luka Aang

Aang terluka berat dan tidak sadarkan diri selama beberapa minggu. Seluruh dunia percaya bahwa Aang telah mati setelah diserang petir oleh Azula. Cerita berawal dari bangunnya Aang di sebuah kapal milik Fire Nation. Ternyata kapal tersebut direbut oleh ayah dari Sokka dan teman-temannya. Mereka berencana untuk sembunyi terlebih dahulu di sekitar wilayah Fire Nation dan akan menyerang pada saat gerhana matahari. Aang dan teman-temannya bertualang menjelajahi pulau di Fire Nation. Sementara itu, Azula memberitahukan kepada raja Ozai bahwa yang membunuh Avatar adalah Zuko, karena takut bila Avatar masih hidup, Azula akan disalahkan. Raja Ozai percaya begitu saja dan Zuko mendapatkan kehormatan ayahnya seperti yang diidamkannya sejak dulu. Iroh dipenjarakan dan marah kedapa Zuko karena menganggap Zuko telah salah jalan.

Serangan ke Fire Nation

Serangan ke Fire Nation

Waktu telah berlalu dan gerhana matahari pun tiba. Aang, Katara, Sokka, Toph beserta semua kawan-kawan lamanya dari episode sebelumnya menyerang Fire Nation. Azula telah mengetahui rencana serangan ini karena raja Kuei, yang mengira Azula adalah petarung Kiyoshi secara tak sengaja mengatakan rencana tersebut. Rencana serangan mereka pun gagal. Aang dan anak-anak akhirnya melarikan diri dengan Appa sementara yang lainnya menyerahkan diri kepada Fire Nation. Zuko akhirnya mulai terbuka hatinya setelah dia mengikuti suatu rapat dengan ayahnya beserta jenderal lainnya. Ia akhirnya membelot dan mengikuti Aang yang melarikan diri ke Biara Air Nomad di barat. Sementara Iroh kabur dari penjara dan menghilang entah ke mana.

Zuko berusaha bergabung

Zuko berusaha bergabung

Zuko berusaha keras untuk mendapatkan kepercayaan Aang dan teman-temannya. Pada akhirnya ia berhasil dan menjadi guru Aang untuk mengajari Fire Bending. Sokka kemudian meminta bantuan Zuko untuk membebaskan ayahnya yang dipenjarakan di penjara tingkat tinggi di Fire Nation. Di penjara tersebut, mereka bertemu dengan Sukki yang sebelumnya dikalahkan oleh Azula. Mai dan Ty Lee berkhianat pada Azulla untuk menolong Zuko melarikan diri dari penjara dan kemudian dipenjarakan. Mereka akhirnya berhasil membebaskan Ayah Sokka dan Sukki. Setelah itu, Aang dan teman-temannya berencana untuk menunggu komet Sozin lewat agar kekuatan raja Ozai melemah. Zuko segera memberitahukan kepada Aang bahwa Raja Ozai akan menggunakan kekuatan komet Sozin untuk menghancurkan Earth Kingdom. Karena itu Aang harus mengalahkan raja Ozai sebelum komet tiba dan menghancurkan Earth Kingdom. Tetapi Aang merasa berat untuk membunuh raja Ozai.

250px-aang_lion_turtle

Aang dengan lion turtle

Pada suatu malam, 2 hari sebelum komet Sozin tiba, Aang tiba-tiba menghilang. Aang kemudian terbangun di sebuah pulau dan bertanya kepada Avatar-Avatar sebelumnya untuk menanyakan tentang cara mengalahkan raja Ozai selain membunuh. Tetapi mereka semua menyarankan untuk membunuh raja Ozai karena tidak ada pilihan lain. Setelah itu pulau bergerak dan Aang menyadari bahwa itu bukan sebuah pulau, melainkan seekor kura-kura raksasa. Dari kura-kura raksasa tersebut, Aang mendapatkan Energy Bending, yaitu teknik untuk mengambil kekuatan bending dari orang lain. Dengan itu, Aang dapat mengalahkan raja Ozai tanpa harus membunuh. Sementara itu, Katara, Sokka, Toph, Zuko, dan Sukki menaiki Appa mencari Aang tetapi tidak berhasil. Mereka kemudian bertemu dengan anggota Order Of White Lotus yang ternyata Pakku (guru Aang yang mengajarkan Water Bending) dan Bumi (Raja dari Omashu) adalah anggota Order Of White Lotus. Iroh yang melarikan diri dari penjara juga ternyata ketua dari Order Of While Lotus. Zuko bertemu dengan pamannya dan ia merasa lega karena Zuko telah mengambil jalan yang benar.

Order of White Lotus

Order of White Lotus

Aang dengan 4 bending

Aang dengan 4 bending

Keesokan harinya, Zuko dan kawan-kawan membagi menjadi dua grup. Zuko dan Katara menuju istana Fire Nation menaiki Appa melawan Azula. Sedangkan Toph, Sokka, dan Sukki menghentikan pesawat-pesawat Fire Nation yang akan menghancurkan Earth Kingom. Sementara Order Of White Lotus akan kembali merebut Ba Sing Se. Komet Sozin telah tiba dan Aang akhirnya bertarung dengan Raja Ozai, sementara Sokka, Toph, dan Sukki berhasil menghancurkan angkatan udara raja Ozai. Zuko dan Katara juga berhasil mengalahkan Azula di istana. Order Of While Lotus pun berhasil merebut Ba Sing Se dengan mudah. Aang akhirnya berhasil mengalahkan Ozai dengan memasuki Avatar State dan menggunakan semua elemen. Ia tidak membunuh raja Ozai, melainkan mengambil teknik fire bending darinya sehingga ia tidak dapat melakukan bending. Aang berhasil menyelesaikan tugasnya sebagai Avatar dan menyeimbangkan 4 elemen. Zuko kemudian menjadi raja baru dari Fire Nation dan mengumumkan bahwa perang telah berakhir. Mai dibebaskan dan hidup bersama Zuko. Sedangkan Ty Lee bergabung dengan petarung Kiyoshi. Pada akhir cerita, semua orang berkumpul di kedai teh milik Iroh dan Iroh memainkan sebuah alat musik, sementara Zuko menyediakan teh. Aang dan Katara berdiri di depan kedai teh menyambut mentari senja.

Raja Ozai

Raja Ozai

Avatar The Last Airbender bukan merupakan sebuah anime, tetapi sebuah kartun biasa karena penggambaran karakternya tidak seperti anime biasanya. Film ini bagus karena diisi oleh humor-humor segar dan lucu dan menontonnya tidak akan merasa bosan. Emosi tiap karakternya pun tergambar jelas. Setiap kali melihat film ini, pasti ingin melihat episode selanjutnya lagi karena terkadang penonton dibuat penasaran dengan alur ceritanya. Gambar animasinya memang standard seperti kartun Amerika biasanya, tetapi sudah cukup bagus.

Pada film ini terdapat berbagai macam kungfu style yang mirip dengan kungfu china sesungguhnya.

  • Water Bending diambil dari Taichi yang mengutamakan gerakan tubuh dan napas
  • Earth Bending diambil dari Hung Gar yang mengutamakan kuda-kuda yang kokoh
  • Fire Bending diambil dari Kungfu Shaolin dengan gerakan tangan dan kaki yang kuat
  • Air Bending diambil dari Ba Gua

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: